Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris
Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata
nilai sebagai berikut:
Kode |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai |
CP-S1 |
Bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
CP-S2 |
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika. |
CP-S3 |
Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
CP-S4 |
Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
CP-S5 |
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain. |
CP-S6 |
Bekerja sama
dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan. |
CP-S7 |
Taat hukum dan
disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
CP-S8 |
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik. |
CP-S9 |
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
CP-S10 |
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
(Diadopsi dari Lampiran Permendikbud no.3
tahun 2020)
Capaian Pembelajaran
Program Studi Bidang Pengetahuan
Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris
Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan
sebagai berikut:
Kode |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan |
CP-PA1 |
Menguasai
konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan
matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological,
Pedagogical, and Content Knowledge). (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-PA2 |
Menguasai
konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan
matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK
(Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-PA3 |
Menguasai
konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan
matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif berbasis TPACK
(Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-PA4 |
Menguasai
konsep teoritis matematika yang
diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya dengan memanfaatkan IPTEKS yang
berorientasi pada kecakapan hidup /life skills. (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-PB1 |
Menguasai
konsep teoritis dan metodologi penelitian Pendidikan matematika untuk
merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai
alternative penyelesaian masalah di bidang Pendidikan matematika. (Peneliti
Pemula Pendidikan Matematika) |
CP-PB2 |
Menguasai
konsep teoritis dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan
hasil penelitian dalam jurnal ilmiah. (Peneliti
Pemula Pendidikan Matematika) |
CP-PC1 |
Menguasai
konsep teoritis pengetahuan dasar kewirausahaan dalam pengelolaan
pembelajaran inovatif matematika. (Entrepreneur
Pendidikan Matematika) |
CP-PC2 |
Menguasai
konsep teoritis pengetahuan dasar
kewirausahaan untuk perancangan perangkat pembelajaran inovatif matematika. (Entrepreneur
Pendidikan Matematika) |
(Diadopsi dari Lampiran Permendikbud no.3
tahun 2020)
Capaian Pembelajaran
Program Studi Bidang Keterampilan Umum
Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris
Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan
umum sebagai berikut:
Kode |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum |
CP-KU1 |
Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya. |
CP-KU2 |
Mampu
menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
CP-KU3 |
Mampu mengkaji
implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil
kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya
dalam laman perguruan tinggi. |
CP-KU4 |
Menyusun
deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau
laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
CP-KU5 |
Mampu mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil
analisis informasi dan data. |
CP-KU6 |
Mampu
memelihara dan mengembangkan jaringan
kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar
lembaganya. |
CP-KU7 |
Mampu
bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi
dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja
yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
CP-KU8 |
Mampu melakukan
proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung
jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
CP-KU9 |
Mampu mendokumentasikan,
menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan
dan mencegah plagiasi. |
(Diadopsi dari Lampiran Permendikbud no.3
tahun 2020)
Capaian Pembelajaran
Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris
Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan
khusus sebagai berikut:
Kode |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus |
CP-KKA1 |
Mampu
mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika
serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis
berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-KKA2 |
Mampu
mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika
serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis
berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-KKA3 |
Mampu
mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika
serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif
berbasis berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-KKA4 |
Mampu mengkaji
konsep teoritis matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup /life
skills. (Calon Pendidik
Matematika yang menguasai TPACK) |
CP-KKB1 |
Mampu
mengaplikasikan konsep teoritis dan metodologi penelitian Pendidikan
matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat
digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan
matematika. (Peneliti
Pemula Pendidikan Matematika) |
CP-KKB2 |
Mampu
mengaplikasikan konsep toritis dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk
mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah. (Penelliti
Pemula Pendidikan Matematika) |
CP-KKC1 |
Mampu
mengaplikasikan konsep teoritis pengetahuan dasar kewirausahaan dalam
pengelolaan pembelajaran inovatif matematika. (Entrepreneur
Pendidikan Matematika) |
CP-KKC2 |
Mampu mendesain
perangkat pembelajaran inovatif matematika dengan mengaplikasikan konsep
teoritis pengetahuan dasar kewirausahaan. (Entrepreneur
Pendidikan Matematika) |