Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai

Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:

 

Kode

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

CP-S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

CP-S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

CP-S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

CP-S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

CP-S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

CP-S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

CP-S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

CP-S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CP-S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

CP-S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

(Diadopsi dari Lampiran Permendikbud no.3 tahun 2020)

 

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Pengetahuan

Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut:

 

Kode

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

CP-PA1

Menguasai konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika    untuk  merencanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-PA2

Menguasai konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-PA3

Menguasai konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-PA4

Menguasai konsep     teoritis matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup /life skills.

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-PB1

Menguasai konsep teoritis dan metodologi penelitian Pendidikan matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternative penyelesaian masalah di bidang Pendidikan matematika.

(Peneliti Pemula Pendidikan Matematika)

CP-PB2

Menguasai konsep teoritis dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.

(Peneliti Pemula Pendidikan Matematika)

CP-PC1

Menguasai konsep teoritis pengetahuan dasar kewirausahaan dalam pengelolaan pembelajaran inovatif matematika.

(Entrepreneur Pendidikan Matematika)

CP-PC2

Menguasai konsep teoritis    pengetahuan dasar kewirausahaan untuk perancangan perangkat pembelajaran inovatif matematika.

(Entrepreneur Pendidikan Matematika)

(Diadopsi dari Lampiran Permendikbud no.3 tahun 2020)

 

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Umum

Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

Kode

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum

CP-KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu   pengetahuan dan teknologi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

CP-KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

CP-KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. 

CP-KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

CP-KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan  hasil analisis informasi dan data.

CP-KU6

Mampu memelihara  dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

CP-KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

CP-KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

CP-KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(Diadopsi dari Lampiran Permendikbud no.3 tahun 2020)

 

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus

Lulusan Program Studi Pendidikan/Tadris Matematika jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

 

Kode

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus

CP-KKA1

Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-KKA2

Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-KKA3

Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif berbasis berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-KKA4

Mampu mengkaji konsep teoritis matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup /life skills.

(Calon Pendidik Matematika yang menguasai TPACK)

CP-KKB1

Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan metodologi penelitian Pendidikan matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan matematika.

(Peneliti Pemula Pendidikan Matematika)

CP-KKB2

Mampu mengaplikasikan konsep toritis dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.

(Penelliti Pemula Pendidikan Matematika)

CP-KKC1

Mampu mengaplikasikan konsep teoritis pengetahuan dasar kewirausahaan dalam pengelolaan pembelajaran inovatif matematika.

(Entrepreneur Pendidikan Matematika)

CP-KKC2

Mampu mendesain perangkat pembelajaran inovatif matematika dengan mengaplikasikan konsep teoritis pengetahuan dasar kewirausahaan.

(Entrepreneur Pendidikan Matematika)